Biografi Sir Alex Ferguson


Biografi Sir Alex Ferguson


Sir Alex Ferguson lahir di Govan, Glasgow, Skotlandia, pada tanggal 31 Desember 1941. Ia lahir dari pasangan Alexander Beaton Ferguson, seorang buruh pekerja galangan kapal dengan perempuan cantik bernama  Elizabeth Hardie. Fergie, sapaan akrab Ferguson adalah seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia, yang saat ini sedang menangani klub besar asal Inggris Manchester United F.C.

Biografi Sir Alex Ferguson



Fergie yang memulai awal kariernya bersama MU pada 6 november 1986 dengan menngantikan pelatih sebelumnya Ron Atkinson, mengalami masa-masa sulit ketika baru bergabung. Saat itu MU memiliki masalah terhadap kebiasaan para pemainnya yang doyan menenggak alkohol. Beberapa pemain andalan seperti Norman Whiteside, Paul McGrath dan Bryan Robson, mempunyai hobi konyol tersebut meski terbilang tak lazim karena status mereka sebagai seorang olahragawan. Fergie, bersama-sama dengan Archie Knox yang diangkat menjadi asisten manajer saat itu, secara perlahan-lahan mengubah kebiasaan buruk itu dan menanamkan disiplin ketat bagi para pemain. Perjuangan Fergie pun akhirnya tak sia-sia yang memberikan perubahan signifikan terhadap klub hingga saat ini.

Fergie dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki oleh MU. Dia telah memenangkan lebih banyak trofi dari pada pelatih manapun sepanjang sejarah sepak bola Inggris. Di MU, Fergie merupakan pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan torehan 10 gelar juara liga.
Prestasi terhebat Fergie yang diketahui banyak orang adalah ketika MU mampu mencetak treble winner ditahun 1999, dia menjadi pelatih pertama MU dan tim asal Ingris yang mampu meraih 3 gelar sekaligus dalam satu musim yakni, Liga Inggris, Piala FA and Liga Champions. Karena prestasi itulah, Fergie juga mendapat gelar kehormatan dari kerajaan Inggris berupa sebutan 'Sir' didepan namanya.
Selain itu, Fergie Juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak 5 kali, Pelatih satu-satunya yang menyabet gelar Liga Inggris 3 kali berturut-turut bersama MU, dan di tahun 2008, Fergie dinobatkan bersama Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih dari satu kali.

Uniknya lagi, Opa Fergie disebut-sebut sebagai manajer yang paling istimewa di Inggris. Bagaimana tidak, ada tiga fakta yang 'menggelitik' soal lamanya Fergie menukangi Setan Merah. Pertama, Selama 26 tahun Fergie menangani The Red Devils, Inggris sudah berganti lima perdana menteri dan Amerika Serikat telah berganti Presiden sebanyak lima kali. Kedua, sejak masuk old Trafford hingga sekarang, rival MU di Liga premier Inggris, Liverpool, diketahui sudah 10 kali berganti pelatih. Bahkan, timnas Inggris sudah 12 berganti manajer. Ketiga, lebih buruk dari Liverpool, tim sekota MU, Manchester City malah sudah sebanyak 19 kali gonta-ganti pelatih. Wajar jika Ferguson dinilainsangat istimewa bagi MU dan sepakbola Inggris pada umumnya dengan data seperti itu.

Biografi Sir Alex Ferguson


Previous
Next Post »