Sinopsis Film | Film Jokowi

Sinopsis Film | Film Jokowi  

Sinopsis Film Indonesia-Seorang pria berbadan kurus yang menaiki sebuah sepeda ontel sedang melintasi sebuah daerah pesawahan yang hijau. Di bagian belakangnya terdapat gulungan kain dan juga termos. Dia mengayuh sepedanya dengan cepat di iringi dengan keringatnya yang menetes, menandakan bahwa dia sedang dalam keadaan terburu-buru.
Pria kurus itu bernama Wijiyanto Notomiharjo(diperankan oleh Susilo Badar), seorang pria yang berprofesi sebagai tukang kayu.  Dia mengayuh sepedanya dengan cepat dikarenakan menuju sebuah klinik bersalin dalm rangka menyambut kelahiran anaknya yang pertama. Adegan tersebut merupakan cerita pembuka dalam Film Jokowi yang disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis.
Sinopsis Film | Film Jokowi
Sinopsis Film | Film Jokowi  

Sinopsis Film | Film Jokowi  

Film Jokowi dibuka dengan sebuah cerita yang dramatis , menunjukkan sebuah perjuangan yang cukup keras dari Notomiharjo untuk mencapai klinik bersalin. Ketika dia sedang melewati sebuah pasar, dia melihat sedang terjadi sebuah penggusuran. Berbagai barang yang didagangkan dipasar dihancurkan, dan para pedagangnya yang mayoritas telah berumur cukup tua diusir dengan kasar dari pasar tersebut. Notomiharjo pun dianggap sebagai pedagang di pasar tersebut, sehingga dia hampir saja diciduk petugas.
Dia datang di klinik bersalin, setelah anaknya sudah lahir. Seorang suster yang membantu persalinan istrinya datang dengan wajah cemberut dan mengomel karena Notomiharjo telat datang dan belum membayar biaya administrasi. Meskipun mendapatkan sambutan buruk seperti itu, Notomiharjo terlihat senang karena melihat istri dan juga anak pertamanya berada dalam keadaan yang sehat.
Cerita dalam Film Jokowi banyak menceritakan mengenai kesusahan yang melanda keluarga Notomiharjo tersebut. Mulai dari tidak sanggup membayar kontrakan sehingga keluarganya harus tinggal berpindah-pindah, sampai ketika keluarganya mengalami penggusuran ketika mereka tinggal di pinggiran sebuah kali.
Berbagai adegan dalam Film Jokowi dibuat dengan memperlihatkan keadaan yang dramatis disertai dengan nada-nada menyayat hati.
Bocah kecil bernama Jokowi diberikan berbagai budi pekerti melalui tokoh pewayangan yang diceritakan oleh kakeknya. Jokowi tumbuh menjadi seorang anak penurut, jujur dan suka membantu. Namun Jokowi juga sempat merasa tidak tahan berada dalam kesusahan dan harus terus berpindah-pindah.
Cerita dalam Film Jokowi selanjutnya menceritakan Jokowi yang sedang menjalani pendidikan di SMA. Jokowi (diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana) hadir dengan menggunakan seragam putih abu, jalan cerita pun mengalami perubahan menjadi lebih menyenangkan.
Jokowi yang selalu menjadi juara kelas, mulai menggemari musik dengan genre Rock, dan idolanya adalah Led Zeppelin. Jokowi yang merupakan seorang pemalu dan bermodalkan sepeda saja bersaing dengan seorang pria necis dalam memperebutkan hati Iriana (diperankan oleh Prisia Nasution), seorang gadis yang menjadi pujaanya.
Budi pekerti yang terdapat dalam film Jokowi banyak yang dapat diambil, mulai dari Jokowi ketika masih kecil, maupun ketika Jokowi sudah dewasa.

 Sinopsis Film | Film Jokowi  

Previous
Next Post »